Banyak dari anda mungkin sudah mengetahui bahwa HP yang sehari-hari kita gunakan sebagai alat berkomunikasi untuk menelepon atau juga berkirim sms dapat digunakan sebagai modem internet pada pc atau komputer laptop. Bahkan mungkin sudah banyak dari anda saat ini sudah menggunakannya walaupun mungkin banyak juga yang belum mengetahui atau sudah mengetahui tetapi belum tau atau belum bisa dalam hal instalasi atau pemasangannya.
Penggunaan HP sebagai modem internet tentunya juga akan lebih memaksimalkan fungsi HP anda, sayang sekali bukan. Mengapa juga harus membeli modem baru, kalau HP yang kita miliki bisa digunakan sebagai modem internet, hal ini tentu akan menghemat pengeluaran anda bukan ?
Kebetulan saya sendiri adalah salahsatu dari pengguna hp sebagai modem internet. Lumayan, selain bisa menghemat biaya tentunya lebih nyaman jika browsing atau chatting dilakukan di rumah daripada pergi ke warnet.
Untuk koneksi internet sehari-hari saya menggunakan layanan GPRS IM3 dengan setting durasi dan menggunakan HP K850i sebagai modemnya. Berdasarkan pengalaman saya, untuk melakukan sambungan internet selama 1 jam dengan internet durasi IM3 pulsa saya hanya berkurang kurang lebih 1500 rupiah. Bandingkan dengan tarif warnet yang berkisar antara 3000 sampai 5000 perjamnya, sangat lebih murah bukan ?
Bagaimana dengan kualitas atau kecepatan koneksinya. Menurut pengalaman saya kecepatan koneksi memang masih dibawah kecepatan koneksi di warnet. Namun demikian untuk melakukan aktifitas seperti browsing maupun chatting saya kira sudah cukup memadai terkecuali jika ingin mendownload file yang besar semisal diatas 100mb tentu sangatlah tidak memadai.
Dapat saya simpulkan tarif internet durasi internet IM3 sangat terjangkau bagi kelas menengah ke bawah seperti saya, sangat cocok digunakan bagi siapa saja yang memerlukan koneksi internet seperlunya saja
A.    PERSIAPAN AWAL INSTALASI MODEM.
Berikut ini perangkat keras dan piranti lunak yang harus anda persiapkan untuk membuat koneksi internet menggunakan modem HP :
1.      PC Komputer atau Laptop.
·        Spesifikasi komputer tidak mempengaruhi bisa atau tidaknya penggunaan modem hp, hampir semua komputer dapat digunakan untuk sambungan internet dengan modem hp, sekalipun komputer anda baru sekelas Pentium 1.
·        Semakin tinggi spesifikasi komputer anda tentu akan lebih baik, baik dari segi kecepatan akses internet. Demi kelancaran sambungan internet nanti saya sarankan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi minimal sekelas Pentium 3 atau pentium 4.
2.      Browser Internet
·        Broser Internet berfungsi untuk membuka halaman web tentu mutlak diperlukan untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas browsing melalui jaringan internet.
·        Beberapa jenis browser internet yang saat ini popular antara lain adalah internet explorer ( IE ), mozilla firefox, Google Chrome, Opera dll yang salah satunya harus sudah terinstal pada komputer anda.
·        Sebuah komputer dengan system operasi windows biasanya telah dilengkapi dengan internet explorer. Jika tidak anda temukan, maka anda bisa mengaktifkannya yaitu dengan menjalankan “add remove program” melalui “control panel” komputer anda. Klik tab “Add/Remove Windows Component” hingga muncul jendela “Windows Component”, beri tanda centang pada box internet explorer selanjutnya klik next. Dengan demikian browser IE pada komputer anda telah diaktifkan. Bisa anda coba jalankan aplikasinya melaluii shortcut yang ada pada start menu.
·        Saya sendiri lebih suka memakai browser Mozilla Firefox, disamping karena kecepatan dalam membuka halaman web lebih cepat dari browser yang lain tampilannya dapat dikostumisasi sesuai selera secara mudah.
3.      HP
·        Tidak semua jenis hp dapat digunakan sebagai modem internet, untuk memastikan hp anda dapat digunakan sebagai modem dapat dilihat pada dos book manual hp anda.
·        Biasanya sebuah HP yang mendukung layanan gprs dapat digunakan sebagai modem internet. Untuk hp tipe baru saat ini hampir semuanya sudah mendukung untuk penggunaan sebagai modem.
4.      Perangkat Koneksi ( Kabel Data/Bluetooth/Infrared )
·        Agar HP anda bisa digunakan sebagai modem internet pada komputer maka harus dihubungankan dengan kompoter dibutuhkan sebuah perangkat koneksi.
·        Ada 3 macam pilihan perangkat koneksi yaitu melalui kabel data, infrared atau bluetooth. Saya sarankan gunakanlah kabel data sebagai perangkat koneksi, tentu karena koneksinya akan lebih stabil. Namun bila anda enggan menggunakan kabel karena mungkin anda pengguna komputer laptop lebih praktis menggunakan infrared atau bluetooth misalnya juga tidak masalah.
·        Kabel data biasanya dijual satu paket dengan penjualan HP atau kalau tidak ada bisa diperoleh di toko yang menjual asesoris HP carilah yang sesuai dengan tipe HP anda.
·        Jika anda ingin koneksi HP melalui infrared atau Bluetooth tetapi komputer anda adalah PC maka belilah USB Infrared atau USB Bluetooth. Masalah harga hampir sama dengan harga kabel data.
5.      PC Suite ( Driver Modem )
·        PC Suite adalah sejenis software yang digunakan agar HP dapat digunakan sebagai modem pada komputer.
·        Software PC Suite perlu di instal terlebih dahulu pada komputer agar dapat digunakan. Gunanya adalah untuk mengenali HP sebagai modem jika nanti HP telah dikoneksikan dengan komputer. Tanpa PC Suite ini komputer hanya akan mengenali HP anda sebagai media penyimpanan data saja (mass storage) bukan sebagai modem. 
·        Software instalasi PC Suite biasanya telah disertakan pada paket penjualan HP berupa CD Instalasi di dalam dos ketika anda membeli HP baru. Tetapi kalau tidak ada anda bisa mendownloadnya dari internet, search pada google dengan keyword Sony Ericsson PC Suite atau Nokia PC Suite download atau PC Suite lain sesuai merk HP anda.
B.     SETTING INTERNET/GPRS PADA HP
Perlu anda ketahui untuk membuat sambungan internet dengan menggunakan modem HP, GPRS no HP anda harus sudah dalam keadaan aktif. Tentunya akan sia-sia jika semua persiapan telah dilakukan tetapi GPRS no HP anda belum aktif.
Setting GPRS dapat dilakukan secara manual maupun secara otomatis berbeda-beda antara satu operator dengan operator yang lain. Cara paling mudah adalah adalah setting secara otomatis ( setting OTA ) dengan cara kirim SMS. Berikut setting OTA GPRS beberapa layanan operator dii Indonesia :
·        INDOSAT MATRIX ketik : ACT(spasi)GPRS kirim ke 888
·        MENTARI Ketik : GPRS(spasi)merk HP(spasi) tipe HP kirim ke 3000
·        IM3 Ketik : GPRS(spasi) merk HP(spasi) tipe HP kirim ke 3939
·        IM3 DURASI Ketik Durasi (spasi) merk HP(spasi) tipe HP kirim ke 3939
·        XL Ketik GPRS(spasi)merek hp(spasi)type ponsel Kirim ke 9667
·        KARTU HALLO Ketik : GPRS kirim ke 6616
·        KARTU SIMPATI/KARTU AS Kirim SMS ke 6616 dengan pesan :
Ketik : GPRS[spasi]angka dibelakang simcard Anda (Nomor ICCID/Integrated Circuit Card Identification)
2.      Setelah kirim sms dengan format diatas anda akan memperoleh balasan dari operator yang isinya berupa pertanyaan yang harus anda jawab dengan yes/iya/ok/accept/install.
3.      Dengan demikian GPRS telah aktif pada kartu anda, cobalah cek dengan browsing internet langsung pada HP anda. Jika belum bisa konek dengan internet artinya setting GPRS anda belum berhasil. Alternatif lain adalah mensetingnya secara manual atau menghubungi Customer Service operator kartu yang anda gunakan.
4.      Apabila HP anda dapat digunakan untuk koneksi internet artinya setting GPRS anda telah berhasil dan siap diaplikasikan sebagai modem internet pada PC Komputer atau Laptop anda.
C.    MEMBUAT KONEKSI INTERNET PADA PC KOMPUTER ATAU LAPTOP
Untuk membuat koneksi internet pada PC Komputer atau laptop berikut saya berikan contoh langkah-langkah setting pada Sony Ericsson PC Suite yang tentunya dipakai untuk setting modem HP Sony Ericson tetapi secara umum mungkin hampir sama pada setting Nokia PC Suite maupun tipe PC Suite HP yang lain. Berikut adalah langkah-langkahnya :
1.      Langkah pertama, jalankanlah aplikasi PC Suite yang telah terinstal pada komputer anda.
2.      Klik koneksikan HP atau “how to connect” – next – pilih piranti koneksi ( kabel data/Bluetooth/infrared )
3.      Sambungkan HP anda/aktifkan Bluetooth/infrared ( akan muncul 3 pilihan pada HP anda, maka pilihlah Phone Mode untuk sambungan HP sebagai modem ) – next – maka HP akan tersambung dengan komputer
4.      Setelah anda memilih Phone Mode tersebut biasanya secara otomatis komputer akan mendeteksi HP anda sebagai modem hal ini dapat dilihat pada jendela aplikasi PC Suite yang menyatakan bahwa HP anda telah tersambung sebagai modem.( My Phone Connected in Phone Mode ).
5.      Masih pada aplikasi PC Suite anda carilah bagian “Setting” atau “Manage your internet connection” biasanya terdapat pada menu “tools”. Klik “create new connection” atau “add new connection” kemudian “next”.
  • Isikan  name dengan nama sembarang
  • pilih service provider sesuai dengan kartu yang anda gunakan. “Next”
  • connection type pilih GPRS.
  • Beri centrang pada I want define my internet connection setting manually. “Next.”
  • Seterusnya next hingga selesai, hingga muncul sebuah shortcut pada jendela manage connection. Copy shortcut tersebut ke destop.
  • Untuk koneksi ke internet tinggal klik saja shortcut tersebut atau pada desktop, jika berhasil setelah loading akan muncul tanda internet connection berupa dua buah monitor pada pojok kiri bawah layer monitor anda.
  • Selanjutnya anda tinggal menjalankan browser internet ( IE atau Mozilla Firefox ) yang telah terinstal pada komputer anda. Ketikan alamat website pada addres bar maka anda bisa browsing sepuasnya.
  • Untuk memutuskan koneksi intenet tersebut tinggal anda klik ikon dua buah komputer pada pojok kiri bawah layer monitor anda       kemudian klik disconnect. Atau bisa juga lagsung mencabut kabel data yang menghubungkan HP dengan komputer.
D.    MEMBUAT KONEKSI INTERNET MELALUI NEW CONNECTION WIZARD
Selain dengan menggunakan PC Suite, sambungan internet juga dapat dibuat melalui setting default XP yaitu melalui New Connection Wizard. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.      Hubungkan handphone dan komputer menggunakan kabel data, infrared, atau bluetooth. Anda tidak perlu menjalankan aplikasi PC Suite.
2.      Mengecek modem apakah sudah terinstal baik dengan klik kanan My Komputer – Properties – Hardware – Device Manager – Cari apakah sudah ada Modem disitu. Klo belum ada berarti anda perlu meremove dan menginstal kembali software PC Suite HP anda.
3.      Klo sudah ada cek apakah modem dapat bekerja dengan baik dengan klik kanan modem HP – Properties – Diagnostics – Query Modem – Jika berhasil akan muncul keterangan pada Tabel Command and Response. Close.
4.      Selanjutnya klik Start Menu – All Programs – Accesories – Communications – New Connections Wizards – Next – Connect to The Internet – Next – Set Up My Connection Manually – Next – Connect Using Dial Up Modem – Select a Device ( Pilih Modem HP Anda / Biasanya ada pada bagian paling atas ) – Next – ISP Name ( Isikan Sembarang Misal Internet ) – Next – Phone Number ( Isikan *99***1# misal untuk IM3 ) – Next – Username/Password/Confirm Password ( Isikan semuanya Indosat@durasi misal untuk IM3 ) – Next – Completing The New Wizard Connection ( Beri centang pada Add a Shorcut ... ) – Finish.
5.      Dengan demikian selesailah semua tahap instalasi dan setting modem,  cobalah jalankan koneksi internet anda dengan mengklik shorcut internet connection pada desktop maka akan muncul sebuah jendela koneksi.
6.      Jika anda klik dial maka komputer anda akan terhubung dengan internet ( Pulsa anda akan berkurang ) ditandai dengan munculnya status koneksi berupa gambar 2 buah monitor berkedip pada pojok kanan bawah layar monitor anda.

4 komentar:

  1. Sands Casino Hotel in Paradise, NJ
    Sands Casino Hotel is a casino worrione located in Paradise, New Jersey. It's a destination, full of 카지노사이트 gaming, a place 샌즈카지노 where locals have been dreaming of

    BalasHapus
  2. ▷ The Best Roulette Games at Lucky Club Casino
    Lucky Club Casino gives players a full selection of games with a luckyclub bonus to enjoy in Roulette and more than 300 table games. Each slot game has

    BalasHapus
  3. Casinos Near Me - Harrah's Philadelphia - MapyRO
    With over 3,300 slot 익산 출장안마 machines and 60 table games, Harrah's Philadelphia is the most recent addition to the 영주 출장샵 Philly 제천 출장마사지 gambling industry. Find 정읍 출장안마 your way around the 오산 출장마사지

    BalasHapus